JANGAN MENCARI KESEMPURNAAN

Pada suatu hari di saat mentari mulai memancarkan cahaya kehidupan, ada seorang Santri bertanya kepada Ustadz yang baru keluar dari Masjid.

Santri : “Assalamualaikum Pak Ustadz…”

Ustadz : “Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh”

Santri : “Pak Ustadz, apa yang harus kita lakukan untuk mendapatkan sesuatu yang paling sempurna dalam hidup ini dan bagaimana caranya ?”

Ustadz : “Berjalanlah kamu lurus ke depan di Taman Bunga ini,  kamu petiklah bunga yang menurutmu paling indah dan jangan pernah sekalipun kembali ke belakang !”Kemudian Santri itu menuruti perkataan Ustadznya, setelah berjalan sampai ke ujung seberang Taman, Santri kembali kepada Ustadznya dengan tangan hampa tanpa 1 tangkai bunga.

Ustadz : “Mengapa kamu tidak memetik dan membawa 1 bunga pun ?”

Santri : “Sesungguhnya tadi ketika berjalan di Taman, aku sudah menemukan bunga yang indah. Tetapi aku tidak memetiknya dan melanjutkan langkah dengan berfikir mungkin di depan sana ada bunga yang lebih indah lagi. Setelah aku tiba di ujung seberang Taman, aku baru sadar bahwa ternyata bunga indah yang pertama kulihat tadi adalah bunga paling indah yang ada di Taman. Aku tidak bisa kembali melangkah ke belakang untuk memetik bunga indah itu.”

Ustadz (tersenyum) : “Itulah kehidupan yang sesungguhnya… Apabila semakin kita mencari KESEMPURNAAN, maka kita tidak akan pernah bisa mendapatkannya…!”

Kesimpulannya adalah : Hindarilah selalu mencari KESEMPURNAAN, tetapi SEMPURNAKANLAH apa yang telah Anda miliki.

  • Apabila tidak sanggup memuji, maka janganlah menghujat.
  • Apabila tidak mungkin menghargai, maka janganlah menghina.
  • Apabila tidak mampu menghibur, janganlah membuat kesedihan.
  • Apabila tidak kuasa memberi, maka janganlah merampas.
  • Apabila tidak mudah mengasihi, maka janganlah membenci.

Terima kasih, semoga bermanfaat bagi kita semua.

AAmiin…

Tinggalkan Balasan